Sambutan Menkumham Dalam Acara Teleconference

Menkumham mengajak seluruh jajaran untuk merealisasikan langkah terobosan bersamaan dengan semangat Harkitnas. Semangat baru dlm meningkatkan kapasitas diri dan organisasi dengan kreativitas dan inovasi untuk meningkatkan Pelayanan yang Berkepastian. Karena Pasti adalah nilai komitmen bersama.

Menkumham juga menginstruksikan agar seluruh jajaran untuk mengukir makna kebangkitan nasional dgn bekerja nyata. Aparatur Kumham harus mampu dan bangkit dari kemalasan dan kelambanan dan kekurang kreatifitasan dalam bekerja. Semua harus kerja keras dan kerja cerdas untuk bangsa dan negara.

Kumham harus bangkit melawan ketergantungan dengan semangat kemandirian agar dapat memberikan kesejahteraan dan memberikan solusi untuk tugas pelayanan.

Revolusi mental harus dimaknai sebagai kebangkitan karakter kuat tangguh berjiwa satria dan beritegritas untuk mewujudkan nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif)

Program Pemerintah sekarang Prioritasnya adalah pembangunan infrastruktir dan deregulasi pelayanan publik. Terkait dengan Paket kebijakan ekonomi XII sebagai upaya langkah strategis kepedulian pemerintah untuk mensejahterakan rakyat.

Dalam mensukseskan program pemerintah tersebut, Kumham berupaya dalam pelayanan publik dimana harus diperhatikan kecepatan kepastian waktu, efisiensi prosedur, dan kemudahan pelayanan di semua unit, bukan hanya di imigrasi.

Perintah presiden adalah reformasi pelayanan pubik segera cepat dan tepat sasaran. Hal ini berkaitan dengan pencapaian pelayanan publik.

Menkumham akan memberikan penghargaan bagi seluruh jajaran untuk berlomba2 membuat kreasi pelayanan publik. Dan Memkumham juga meminta seluruh jajaran untuk memacu seluruh UPT untuk berkreasi dan melakukan terobosan kreatif dlm pelayanan publik.

Setelah uji coba, akan dilakukan evaluasi bersama dan hasil evaluasi akan dibentuk standar bersama yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat di masing-masing UPT.

Berikut rangkuman peningkatan pelayanan keimigrasian:

1. Layanan pagi hari. Hal ini merupakan respon terhadap kondisi nyata dimana banyak pemohon passport yang antri dari pagi. Sebagai terobosan yang kreayif maka sangat diapresiasi. Jika ada kekuurangan staf semoga bisa didengar oleh Menpan.

2. Layanan proses permohonan pasport hanya selama 3 jam dan sudah dilakukan Antrian online dan Sistem informasi antrian. Pemohon akan diberi tahu estimasi waktu pelayanan.

3. Kemudahan pengambilan passport yang dapat dilakukan melalui 3 cara:

A. Melalui delivery service PT Pos Indonesia.

B. Drive through.

C. Melalui scan barcode.

Menkumham kembali mengingatkan akan ada uji coba evaluasi dan dpt dijadikan bench mark dan standar yang akan ditetapkan. Semua kanwil di motivasi untuk terus melakukan inovasi yang kreatif.

Memkumham sangat mengapresiasi jajaran yg melakukan inivasi kreatif dan memgingatkan akan ada reward bagi jajaran yang dapat melakukan percepatan dan permudahan pelayanan publik dan Mengajak seluruh jajaran untuk terus memberikan layanan publik yang lebih baik lagi dan mengajak untuk mengeksploitasi ide untuk kemajuan bangsa dan negara. Menkumham juga mengajak semua jajaran untuk memaknai Harkitnas melalui pendidikan dimana semua ide inovasi dan kreatifitas dapat berkembang.

Dan Menkumham mengharapkan agar semua sistem pelayanan dibuat online dan memulai digitalisasi data agar dapat lebih mudah diakses.

Tim Humas

Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Kementerian Hukum dan HAM R