Mengukur Kualitas Bantuan Hukum

BPHNJakarta. “Mengapa Kualitas Bantuan Hukum Penting?” Ucap Kristomo Kabid Bantuan Hukum BPHN spontan pada acara Rapat Koordinasi Pelaksanaan Bantuan Hukum Se-Indonesia di Hotel Ibis Cawang 21 – 23 Maret 2017. Penting untuk kita fikirkan mengapa kualitas bantuan hukum di Indonesia perlu ditingkatkan lagi. Statement Pejabat Eselon III yang membidangi bantuan hukum ini menjadi sangat penting karena hak untuk mendapatkan bantuan hukum adalah hak yang wajib diberikan oleh Negara kepada warga negara. Selain itu dalam paparannya Kristomo juga mengatakan “bantuan hukum adalah sebuah lembaga untuk memastikan hak-hak tersebut, termasuk hak atas peradilan yang adil, sebuah prasyarat untuk melaksanakan hak tersebut dan perlindungan penting yang menjamin keadilan fundamental dan kepercayaan masyarakat pada proses peradilan.” 

Kembali kepada mengapa kualitas bantuan hukum itu penting karena representasi hukum yang bermutu telah terbukti menghasilkan perbedaan yang nyata baik dalam hal keadilan dalam proses peradilan maupun hasil yang diterima oleh orang-orang yang rentan dalam sistem peradilan. Kemudian Pemberi bantuan hukum dapat menggunakan standar kinerja  untuk membantu mengukur mutu layanan bantuan hukum untuk perkara pidana dan mengembangkan perbaikan secara terus-menerus. 

Jadi Kualitas Bantuan Hukum merupakan karakteristik dari layanan bantuan hukum yang menggambarkan sejauh mana pemberi bantuan hukum melakukan layanan bantuan hukum yang dimaksud dan meningkatkan kemungkinan mencapai hasil yang diharapkan. Mutu bantuan hukum tidak menyangkut dua hal (binary) melainkan ada dalam spektrum, di mana dalam representasi yang termasuk tinggi lebih sering melibatkan kegiatan yang diinginkan dan/atau menghasilkan hasil yang diinginkan. (RSH)