Dekatkan Diri ke Masyarakat, Kemenkumham Buka Layanan Publik di Plaza Sudirman

BPHN.GO.ID – Jakarta. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan pelayanan publik di Plaza Sudirman Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu (04/08/2024). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pengayoman ke-79. 

“Pelayanan publik ini merupakan wujud nyata komitmen kita untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat dan mengampanyekan layanan publik Kemenkumham seluas-luasnya kepada masyarakat,” ujar Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, ketika membuka kegiatan.

Acara tersebut menghadirkan perpaduan jenis layanan yang dimiliki Kemenkumham, mulai dari layanan e-paspor, layanan merek, paten, hak cipta dan desain industri, layanan perseroan terbatas, perseroan perorangan, perkumpulan, notariat, kewarganegaraan dan apostille, hingga pameran bangga produk warga binaan pemasyarakatan. 

Yasonna menyebut Agustus sebagai bulan spesial, karena selain merayakan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus, Kemenkumham juga merayakan hari lahirnya pada 19 Agustus. Ia menekankan bahwa rangkaian kegiatan Kemenkumham harus berdampak nyata bagi masyarakat, bukan sekadar seremonial.

“Hal ini menjadi starting point bagi Kemenkumham yang tidak hanya semarak dengan event yang bersifat seremonial, tetapi akan menjadi agenda rutin yang sangat monumental,” kata Yasonna.

Menkumham juga mengungkapkan bahwa momen ini menjadi jawaban dari harapan masyarakat tentang kecepatan layanan dan kemudahan perizinan dan akhirnya mampu mampu mendorong kemudahan berusaha guna mendukung terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045.

“Saya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran yang juga menjadikan momentum ini sebagai kegiatan untuk transfer knowledge atau sharing knowledge dalam praktik pelayanan publik yang adaptif, serta dukungan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN), sehingga mampu mengoptimalkan Kemenkumham menjadi birokrasi yang melayani negeri,” tutup Yasonna. (HUMAS BPHN)