Serius Garap Konten Digital, BPHN Kunjungi Infinite Studios dan Nongsa Digital Park Batam

Serius Garap Konten Digital, BPHN Kunjungi Infinite Studios dan Nongsa Digital Park Batam

BPHN.GO.ID – Batam. Film menjadi salah satu media penyebaran informasi yang efektif. Selain punya penikmatnya sendiri, konten audiovisual punya segmentasi penikmat karya yang cukup luas sehingga tidak heran apabila di media sosial belakangan cenderung dibanjiri konten-konten video baik yang bersifat edukasi, hiburan, maupun informatif. Kondisi seperti itu kemudian yang membuat BPHN Kementerian Hukum dan HAM RI, beberapa tahun belakangan ini mulai fokus menggarap digital video.

Kepala BPHN Kementerian Hukum dan HAM RI, Prof Widodo Ekatjahjana menyampaikan, produksi konten film pendek telah dilakukan oleh BPHN sejak beberapa tahun terakhir dengan isu tematik seputar hukum yang menarik perhatian masyarakat luas, mulai dari penyalahgunaan narkoba, hukum perkawinan, hingga persoalan hukum lainnya yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat di Indonesia. Inisiatif tersebut dilakukan tentunya dengan harapan agar upaya pembinaan hukum serta peningkatan kesadaran hukum di masyarakat terus meningkat seiring berjalannya waktu.

“Dunia digital ini menuntut saya untuk tidak bisa terus-menerus konvensional. Masyarakat kita akan lebih kena (menangkap pesan) apabila secara visual dibandingkan membaca,” kata Kepala BPHN saat berkunjung ke Nongsa Digital Park, Senin (17/1) di Batam, Kepulauan Riau.

Kunjungan BPHN ke Nongsa Digital Park, harap Kepala BPHN, dapat menjadi ajang pertukaran informasi atau pengetahuan dari pakar-pakar perfilman yang bekerja di Infinite Studios, yakni sebuah rumah kreatif kaliber internasional yang telah membidani sejumlah karya hebat berupa film serta tayangan animasi 2D dan 3D. Tidak berhenti pada kunjungan semata, Kepala BPHN sangat tertarik untuk mengadakan kerja sama lebih lanjut untuk melatih pegawai di BPHN, baik itu JF Penyuluh Hukum hingga awak bagian Humas BPHN agar ke depannya punya kemampuan untuk bisa memproduksi film yang bisa menandingi kualitas garapan Infinite Studios.

“Kehadiran Nongsa Digital Park serta Infinte Studios ini bisa memberikan transfer of knowledge kepada Kementerian Hukum dan HAM RI,” kata Kepala BPHN. “Itulah sebabnya saya membawa teman-teman BPHN belajar di Nongsa. Kita segerakan rencana kerja sama ini,” tambah Kepala BPHN.

Hadir menyambut jajaran BPHN, Direktur Utama Nongsa Digital Park dan Infinite Studios, Mike Wiluan, sangat antusias menerima kunjungan BPHN pagi hari itu. Mike menjelaskan, bahwa di Nongsa Digital Park dan Infinite Studios mengapresiasi siapapun yang tertarik belajar sekaligus mendalami pembuatan film. Di samping itu, Mike juga membuka diri akan rencana kerja sama yang akan dirintis ke depannya antara pihaknya dengan BPHN.

“Menyambut baik sekali kunjungan dari BPHN dan rencana kerja sama ini ke depannya,” ujar Mike.

Sebagai informasi, Infinite Studios berlokasi di kawasan Nongsa Digital Park yang memiliki fasilitas yang lengkap seperti ruang produksi untuk film dan animasi, workshop untuk membuat set properti dalam film serta menyediakan area untuk syuting, baik di dalam ruangan hingga area terbuka. Infinite Studios Batam juga banyak melahirkan karya yang menarik di bidang film, diantaranya untuk film Hollywood dan serial televisi HBO hingga Netflix. Adapun sejumlah judul film garapannya, yakni Crazy Rich Asian Beyond Skyline, Buffalo Boys, Jungle Beat the Movie, CoComelon, dan sebagainya.*(Humas BPHN)

Share this Post