Kepala BPHN Resmikan Ruangan "Studio BPHN-TV"

BPHN.GO.ID – Jakarta. Podcast adalah media baru dalam penyebaran informasi. Tidak hanya dipakai oleh para pesohor di tanah air, media penyebaran informasi yang berformat ‘ngobrol’ ini semakin diminati oleh instansi pemerintah, baik di kalangan Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda). Untuk menjawab tantangan inovasi dalam penyebarluasan informasi, BPHN perlu konsisten bertumbuh menggunakan media podcast dalam rangka menyebarluaskan informasi terkait tugas pokok dan fungsi BPHN, sehingga branding BPHN sebagai institusi semakin baik di mata masyarakat.

“Kunci sukses menghasilkan konten podcast yang berkualitas adalah sinergi yang baik di internal BPHN.  Di Sekretariat BPHN, fungsi kehumasannya agar menyiapkan aspek branding, kualitas substansi publikasi dan teknis produksinya,” ungkap Prof. Widodo. Serta Jabatan Fungsional, seperti Penyuluh Hukum dan Analis Hukum juga turut serta berkontribusi untuk menguatkan dalam penyajian substansi hukum, sambung Kepala BPHN, Prof. Widodo Ekatjahjana saat meresmikan Ruangan “Studio BPHNTV”, Rabu (5/1/22).

“Saya pribadi, melihat media podcast memiliki prospek yang baik bagi pengembangan karir JF Penyuluh Hukum dan JF Analis Hukum. Khususnya bagi JF Penyuluh Hukum, metode penyebaran yang ringan namun padat secara substansi menjadi tren yang digandrungi oleh masyarakat,” ujar Prof. Widodo. Saat ini di BPHN, sudah ada layanan Konsultasi Hukum, dari materi Konsultasi Hukum tersebut, bisa diolah menjadi konten podcast, untuk disampaikan ke masyarakat sebagai edukasi hukum, tambah Prof. Widodo.

“Pembuatan konten podcast adalah salah satu upaya kecil yang dilakukan oleh BPHN dalam menyeimbangkan atau menangkal informasi hoaks di media sosial. Selain diperlukan kepekaan dalam menangkap isu sosial yang perlu diluruskan, juga perlu kehati-hatian karena jangan sampai informasi yang kita sebarluaskan itu justru menjadi ‘blunder’ yang merugikan sisi pemerintah,” tutup Kepala BPHN.

Usai meresmikan Studio BPHNTV, acara dilanjutkan dengan produksi konten program BPHN TALKS dengan menghadirkan Prof Widodo sebagai Narasumber. ***(HumasBPHN)

Share this Post