Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) telah mengumumkan hasil seleksi administrasi dan seleksi audisi Paralegal Justice Award 2023. Tercatat dari jumlah peserta sebanyak 765 orang yang mendaftar, sebanyak 565 peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak untuk melanjutkan ke tahap seleksi audisi.

 

“Dari 565 peserta yang lulus seleksi administrasi tadi, akhirnya diumumkan sebanyak 300 peserta yang berhasil melewati tahap seleksi audisi. Hasil pengumuman seleksinya dapat dilihat di situs bphn.go.id,” ungkap Kepala BPHN Widodo Ekatjahjana ketika memberikan keterangannya di Jakarta, Kamis (18/05/2023). 

 

Peserta yang berhasil lulus seleksi audisi terdiri atas 207 kepala desa dan 93 lurah yang tersebar di seluruh Indonesia. Provinsi Jawa Timur menjadi provinsi dengan peserta lulus terbanyak, yakni 59 orang. Diikuti Provinsi Bali dengan 45 orang dan Provinsi Jawa Barat sebanyak 27 orang.

 

Dalam seleksi audisi, lanjut Widodo, panitia menilai peserta berdasarkan indikator penilaian seperti pengalaman dalam penyelesaian sengketa di desa/kelurahan, upaya kelayakan investasi, peningkatan sektor pariwisata, dan pembukaan lapangan kerja. Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi dan audisi berhak mengikuti Paralegal Academy, sebuah program pelatihan yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Paralegal Justice Award 2023.

 

“Paralegal Academy adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para peserta dalam penyelesaian sengketa dan advokasi. Peserta akan mendapatkan pembekalan langsung dari ahli dan praktisi hukum terkemuka di Indonesia. Tak hanya itu, peserta juga akan diajarkan teknik dan strategi dalam penyelesaian sengketa serta memperkuat pemahaman nilai-nilai Pancasila,” tambah Widodo.

 

Setelah mengikuti seleksi audisi, tahapan selanjutnya yaitu penilaian seleksi eliminasi terhadap peserta yang telah mengikuti Paralegal Academy. Rangkaian kegiatan Paralegal Academy dan Paralegal Justice Award 2023 akan dihelat di Hotel Discovery Ancol, Jakarta.

 

“Paralegal Academy akan dilaksanakan tanggal 29-31 Mei 2023. Kemudian penyerahan Paralegal Justice Award 2023 berlangsung pada 01 Juni 2023, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. Peserta Paralegal Academy juga berkesempatan mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Monas,” pungkas Widodo.

 

Selama ini peran kepala desa/lurah kerap dianggap sebelah mata. Padahal kontribusi mereka sangat besar bagi stabilitas nasional. Oleh karena itu, Gotong Royong Kolaboratif antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui BPHN, Mahkamah Agung (MA) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) serta didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berinisiatif memberikan apresiasi dalam bentuk Paralegal Justice Award. Sebuah anugerah yang ditujukan kepada kepala desa/lurah yang telah memberikan pengabdian tinggi dengan bertindak sebagi non litigation peacemaker (juru damai desa).

 

Selain melalui situs bphn.go.id, pengumuman hasil seleksi audisi Paralegal Justice Award 2023 juga dapat dilihat pada media sosial BPHN. Antara lain Facebook (BPHN Kemenkumham), Instagram (@bphn_kemenkumham), dan Twitter (@bphn_kumham).

Share this Post