BPHN.GO.ID – Jakarta. Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) saat ini tengah dalam proses mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Bagi pegawai, predikat WBBM tidak hanya sebatas slogan. Lebih dari itu, WBBM adalah bukti tindakan nyata serta komitmen seluruh pegawai yang secara konsisten melakukan proses perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan perbaikan yang berkelanjutan, maka reformasi birokrasi akan terwujud dan BPHN mampu melayani publik secara lebih optimal.

Komitmen nyata pegawai BPHN terbukti mendapat apresiasi positif dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Piagam Penghargaan diberikan kepada Kepala Pusat Penyuluhan dan Bantuan Hukum, Kartiko Nurintias dan Koordinator Pembudayaan Hukum, Gunawan dalam Apel Pagi yang dilaksanakan pada Senin (26/9) bertempat di Lapangan Upacara BPHN. 

Kartiko Nurintias mendapatkan Piagam Penghargaan di bidang pelayanan publik dari Inspektur Jenderal Kemenkumham dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika ke - 77 tahun 2022. Sedangkan Gunawan mendapatkan apresiasi Piagam Penghargaan kategori Karya Dhika Madya atas keberhasilannya menciptakan aplikasi EMASDASKUM yang memberikan kemudahan pendataan, monitoring dan evaluasi terkait Desa/Kelurahan Sadar Hukum oleh stakeholder, kantor wilayah serta BPHN sendiri.  EMASDASKUM menjamin terpenuhinya asas keterbukaan informasi terkait Desa/Kelurahan Sadar Hukum pada masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan prinsip good government. 

Kepala Pusat Jaringan dan Informasi Hukum BPHN Nofli yang memberikan amanat pada Apel Pagi tersebut menekankan pentingnya kerja sama dan bahu membahu dalam proses pencapaian predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di BPHN.

"Banyak aspek yang harus kita penuhi dalam menuju predikat WBBM, untuk itu saya mohon seluruh pegawai untuk dapat memahami tugas dan fungsi masing-masing. Semua bersatu padu untuk menjadikan predikat BPHN WBBM tidak hanya sebatas slogan," pesan Nofli

Sebagai catatan, BPHN telah menerima predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada tahun 2020 lalu. Tahun 2022 ini, BPHN dalam proses mencapai predikat WBBM. BPHN merupakan satu-satunya unit Eselon I yang mewakili Kemenkumham lolos dalam proses penilaian menuju WBBM. 

"Pada Rabu nanti kita akan melaksanakan Desk Evaluasi Zona Integritas bersama Tim Penilai Nasional (TPN). Mari kita sukseskan proses tersebut dan terus berkolaborasi. Bersama-sama bergandengan tangan menumbuhkan semangat kita untuk menjadikan BPHN lebih baik lagi," tutup Nofli dalam amanatnya. (HUMAS BPHN)

Share this Post