Sekretaris BPHN Jamin Pelaksanaan CPNS Kementerian Hukum dan HAM Bersih Dari Praktik KKN


BPHN.go.id - Samarinda – Sekretaris Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI Audy Murfi MZ meninjau lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Timur. Dalam kunjungan dinasnya, Sekretaris BPHN memastikan proses seleksi berjalan sesuai dengan aturan dan bersih dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

"Proses seleksi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM RI tahun 2021 sangat transparan dan hasilnya bisa dilihat langsung oleh siapapun sesaat setelah tes selesai dilaksanakan," kata Audy, saat memberi motivasi kepada peserta CPNS Kementerian Hukum dan HAM RI, Selasa (12/10) di Hotel Mesra Samarinda, Kalimantan Timur.

Di samping transparansi, Audy juga mengatakan, seleksi CPNS mengedepankan prinsip check and balances, artinya antar instansi pemerintah yang terkait saling mengawasi sesuai tugas dan kewenangannya masing-masing sehingga hasil dari serangkaian seleksi nanti diharapkan bebas dari penyalahgunaan. Sebab, seleksi CPNS merupakan salah satu upaya dari institusi pengguna untuk mendapatkan sumber daya manusia yang mumpuni dan punya kompetensi melaksanakan tugas dan fungsi institusinya sehari-hari.

Seleksi CPNS tahun 2021, lanjut Audy, diharapkan akan menghasilkan tunas-tunas pengayoman yang memiliki nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, dan Inovatif) mengingat dinamika hukum belakangan ini berkembang sangat pesat. Di samping itu, tuntutan yang tinggi dari masyarakat akan pelayanan yang prima di bidang hukum dan HAM perlu didukung dengan hadirnya inovasi-inovasi yang memudahkan masyarakat untuk mengakases dan menikmatinya.

“Kepada peserta agar fokus dan tenang serta jangan lupa untuk berdoa,” pesan Audy.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris BPHN didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Timur, Sofyan beserta jajaran Kepala Divisi, antara lain Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Sri Lastami, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Jumadi dan Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor. Sebelum memberikan pengarahan, Sekretaris BPHN ikut memeriksa kesiapan personel panitia pelaksana dan memastikan peserta dan panitia dapat melaksanakan protokol kesehatan yang ketat selama di lokasi tes.

Sebagai informasi, tahapan SKD Penerimaan CPNS di Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimatan Timur dimulai tanggal 9 – 13 Oktober 2021. Total pendaftar keseluruhan formasi mencapai 4.443 peserta. Setiap harinya, panitia melaksanakan tiga sesi tes, masing-masing tes diikuti oleh kurang lebih 310 peserta. Pada hari keempat (12/10) ini, mengutip data Humas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kalimantan Timur, jumlah peserta yang mengikuti tes sebanyak 711 peserta dari total 930 peserta yang terdaftar untuk formasi SLTA. (HUMAS BPHN)

Share this Post