Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia






Mail BPHN
Senin, 30 Mar 2020

Pembumian Dan Internalisasi Pancasila Kementerian/Lembaga Dibawah Koordinasi Kemenkopolhukam

Senin , 17 Feb 2020

Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum negara atau sumber tertib hukum Indonesia yang pada hakikatnya adalah merupakan suatu pandangan hidup kesadaran dan tindak hukum serta cita-cita moral yang meliputi suasana kebatinan serta watak dari bangsa Indonesia.

Dalam rangka pembumian dan internalisasi pancasila Kementerian/Lembaga dibawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), yang salah satunya antara lain adalah Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Koordinasi Membangun Sinergitas Kementerian/Lembaga Di Bawah Kemenkopolhukam.

          Bertempat di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (17/2) Hadir Menkumham, Prof. Yasonna H. Laoly  sebagai narasumber yang membahas tentang penegakan hukum nasional yaitu Omnibus Law dalam rangka memperkuat keadilan sosial berdasarkan nilai-nilai pancasila, serta turut hadir pula Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional, Prof. Benny Riyanto.

Sesuai dengan arahan Presiden yang menekankan penanaman pancasila untuk dapat fokus pada generasi milennial yang saat ini jumlahnya mencapai 125 juta lebih. Pesan pancasila seperti arti persatuan dan pentingnya gotong royong dapat  disampaikan melalui media sosial dan dapat pula disisipkan pada saat acara festival musik maupun festival film, dengan harapan generasi muda dapat memahami apa yang diinginkan pemerintah.