Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia






Mail BPHN
Selasa, 29 Sept 2020

BPHN Kemenkumham RI Sosialisasikan Omnibus Law pada Perayaan HUT IKANOT UNDIP Ke-7 di Jakarta

Sabtu , 18 Jan 2020

Jakarta, bphn.go.id - Membuka speech sekaligus membuka acara secara simbolis dengan pemukulan gong, Prof. Dr. H. R. Benny Riyanto, S.H., M.Hum, C.N, selaku Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional memberikan apresiasi dan semangat kepada Ikatan Notaris Universitas Diponogoro Jakarta yang merayakan Hari Jadi Ke-7. (18/1)

Apresiasi diberikan kepada IKANOT UNDIP karena telah menyediakan ruang sosialisasi melalui Diskusi Publik yang dilaksanakan pada hari ini bertempat di Aula Moedjono Badan Pembinaan Hukum Nasional. Tidak berdiri sendiri, Prof.Dr. R.Benny Riyanto, SH.MHum.CN menjadi salah satu narasumber bersama dengan Prof.Dr. Jimly Asshiddiqie.SH.MH dan Prof.Dr.Maria Farida Indrati, SH.MH.

Pada diskusi publik ini, Kepala BPHN menyampaikan “Pemerintah memiliki tugas berat dalam menjalankan tugasnya dalam membuat Peraturan Perundang-Undangan khususnya mewujudkan Omnibus Law yang saat ini sudah bermunculan pro dan kontranya, saya sangat mengapresiasi karena IKANOT justru mengedepankan dalam membahas Omnibus Law, bukannya RUU Kenotariatan, bahkan mengundang para Ahli Hukum yang memiliki perbedaan pendapat, ruang ini tentunya yang akan memperkaya khasanah hukum kita.”

“Harapan saya mewakili Pemerintah ialah ruang diskusi ini selain menjadi tempat yang dapat mensosialisasikan Omnibus Law melalui Para Notaris, kami harap Bapak/Ibu juga dapat memberikan rekomendasi yg instruktif untuk rancangan gagasan pembahasan RUU Prolegnas prioritas Tahun 2020, khususnya yang menjadi Prioritas Pemerintah saat ini ialah Omnibus Law yaitu UU tentang Cipta Lapangan Kerja dan UU tentang Fasilitas dan Kebijakan Perpajakan.”

Mengakhiri sambutannya, Prof. Benny memaparkan peran Notaris untuk mendukung upaya kemudahan berusaha dalam Omnibus Law, “Notaris harus menjadi pihak yang turut andil dalam membantu kemajuan perekonomian Indonesia salah satunya membantu pemerintah dalam mendorong peningkatan kemudahan berusaha di Indonesia.”

Sekali lagi kami ucapkan selamat ulang tahun yang ke-7 IKANOT UNDIP, Profesi Notaris sebagai ujung tombak pemerintah dalam program kemudahan berusaha, diantaranya starting business, Notaris berperan mendukung kebijakan pemerintah dalam proses pelayanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik/online single submission (OSS), tetap junjung tinggi profesionalitas.

 

(NR)