Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia






Mail BPHN
Selasa, 15 Okt 2019

Kepala BPHN Beri Arahan Kepada JFT

Senin , 16 Sept 2019

Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Senin (16/09), Puluhan Pejabat Fungsional Tertentu menerima pengarahan langsung dari Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Pengarahan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan terhadap jabatan fungsional tertentu (JFT) yang dilakukan oleh Bagian Kepegawaian BPHN. Rapat juga dihadiri pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator di lingkungan BPHN.

Saat ini pemerintah sangat mendorong terbentuknya JFT yang tujuannya adalah untuk meningkatkan profesionalitas dari aparatur sipil negara (ASN) sesuai dengan pembidangannya. JFT merupakan suatu kekuatan yang sangat besar yang bisa men-support organisasi dan memajukan orginasasi. Namun pada praktiknya diperlukan adanya kesepakatan dan kesepahaman dari organisasi yang mengelola JFT, karena selama ini keberadaan JFT masih belum dioptimalkan.

Sinergitas antara JFT dan struktural harus dibangun mengingat konsep pemerintah yang mendorong terbentuknya JFT dan menyebabkan struktural minim SDM sehingga dengan sinergitas ini JFT nantinya akan menjadi kekuatan untuk struktural. Kepala BPHN, Prof. Benny menyampaikan, “Perlu adanya penataan pada JFT agar JFT mepunyai sinergitas dengan struktural yang ada dan tidak lepas sendiri-sendiri.” Prof. Benny juga mengharapakan Bagian Kepegawaian membuat grand design mengenai optimalisasi peran JFT di dalam organisasi.

Senada dengan Prof. Benny, Sekretaris BPHN, Audy Murfy mengatakan, “Sinergitas JFT dan struktural sangat diperlukan, karena dilihat dari beban kerja beberapa pejabat eselon 4 cukup berat terlebih ketika jumlah staffnya sedikit”.