Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia






Mail BPHN
Rabu, 20 Feb 2019

Belajar Mengolah Konten Hukum, BPHN Sambangi Hukumonline.com

Selasa , 29 Jan 2019

Jakarta, BPHN.go.id – Untuk melihat secara langsung cara kerja media dalam mengolah isu, Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) berkunjung ke kantor Hukumonline.com, Selasa (29/1) di bilangan Jakarta Selatan. Kunjungan ini dikoordinatori Kepala Bagian Humas, Tata Usaha, dan Kerjasama BPHN, Erna Priliasari.

Kunjungan rombongan BPHN sebanyak belasan pegawai, mulai dari Pejabat Pengawas, Pejabat Administrator, dan Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Penyuluh Hukum diterima oleh Direktur Konten dan Pemberitaan Hukumonline, Amrie Hakim, Pemimpin Redaksi Hukumonline Indonesia, Fathan Qorib, Redaktur Senior Hukumonline, M Yasin, Redaktur Hukum-Ekonomi Agus Yozami, dan Sekretaris Redaksi Eni Setiati. Beberapa jurnalis kawakan Hukumonline juga ikut dalam pertemuan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari Hukumonline.com. Mudah-mudah kami mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dari Hukumonline.com dalam mengolah isu dan konten-konten hukum,” kata Erna mengawali pertemuan.

Erna menambahkan, BPHN memiliki kemiripan dengan Hukumonline.com dalam hal tata organisasi. Dengan kemiripan ini, diharapkan banyak hal menarik yang bisa dipelajari oleh BPHN serta nantinya dapat dijajaki upaya untuk berkolaborasi dalam penyebaran informasi hukum kepada masyarakat. Menurut Erna, saat ini pemerintah termasuk BPHN sangat menyadari pentingnya peran pers atau media masa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

BPHN memiliki lima unit setingkat eselon II di bawah BPHN, tiga diantaranya memiliki fungsi yang serupa dengan yang dimiliki Hukumonline.com antara lain fungsi analisa dan evaluasi hukum yang dilakukan Pusat Analisis dan Evaluasi Hukum Nasional, konsultasi hukum secara online oleh JFT Penyuluh Hukum, database dokumentasi hukum di dalam Jaringan Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) yang dikelola Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional. Serta tak kalah menarik adalah fungsi Perencaan Legislasi yang diemban Pusat Perencanaan Hukum Nasional.

Direktur Konten dan Pemberitaan Hukumonline, Amrie Hakim sependapat bahwa BPHN dan Hukumonline.com diibaratkan seperti anak kembar. Produk yang dikeluarkan serupa hanya saja Hukumonline.com memiliki kelebihan dalam hal lalu lintas pengunjung website (web traffic). Amrie mengatakan, dalam setiap bulannya website Hukumonline.com telah dikunjungi sekitar 6 juta orang.

“Kami melihat ada peluang kerjasama yang dapat dijalin dalam penyebarluasan konten BPHN melalui website Hukumonline.com,” kata Amrie.

Pemimpin Redaksi Hukumonline, Fathan Qorib menambahkan, BPHN memiliki aset yang sangat berharga bagi kalangan hukum, baik itu mahasiswa, akademisi, pegiat LSM, LBH/OBH, serta praktisi hukum. Dari hulu hingga ke hilir, BPHN dinilai memilki peran sangat strategis yang tentunya akan sangat baik bila proses kerja itu dapat dipublikasikan secara lebih luas.

image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host image host

Penulis: Nanda Narendra

Editor: Erna Priliasari