Pembentukan peraturan perundang-undangan seharusnya berbentuk siklus yang berkesinambungan sejak perencanaan. Selama ini, proses pembentukan peraturan perundang-undangan di negara kita belum diimbangi dengan proses evaluasi hukum. evaluasi hukum merupakan bagian yang sangat penting dalam rangka membuat kebijakan dalam membentuk suatu peraturan perundang-undangan.

Dengan melakukan evaluasi hukum, manfaat dan dampak pelaksanaan ketentuan atau norma hukum dalam masyarakat dapat diketahui, sehingga dapat dihasilkan rekomendasi yang tepat untuk memperbaiki tidak hanya materi peraturan perundang-undangan tersebut tetapi juga keseluruhan sistem hukum yang ada. Melalui portal ini, Anda dapat membantu kami untuk memperoleh gambaran persoalan hukum dari Sabang sampai Merauke. Aspirasi Anda akan membantu kami untuk melakukan analisis dan evaluasi secara lebih menyeluruh, faktual, dan tepat sasaran dan akan menjadi bahan yang sangat bermanfaat bagi kami untuk melahirkan rekomendasi-rekomendasi bagi perbaikan peraturan perundang-undangan di masa yang akan datang.

Sebagai masyarakat yang berhadapan dan merasakan dampak langsung dari hukum dalam kehidupan sehari-hari, kami yakin Anda memiliki pengalaman dan masukan yang sangat kaya, yang selama ini (sangat mungkin) luput dari perhatian kami.

Portal ini kami harapkan dapat memangkas jarak antara Pemerintah dengan masyarakat. Dengan ikut mengisi portal ini, suara dan aspirasi Anda sebagai masyarakat dapat turut membentuk masa depan peraturan perundang-undangan di Indonesia.