Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Minggu, 24 Sept 2017
  • Selamat Datang Di Website Badan Pembinaan Hukum Nasional | Masyarakat Memperoleh Kepastian Hukum

Penutupan Pelatihan Cost and Benefit Analysis (CBA) pada Perumusan Kebijakan dan Regulasi 2017

Kamis , 31 Agust 2017

Jakarta-BPHN, Kamis (31/08) menjadi hari terakhir dari rangkaian acara Pelatihan Cost and Benefit Analysis (CBA) pada Perumusan Kebijakan dan Regulasi 2017 di BPHN, yang dilaksanakan sejak tanggal 28 - 31 Agustus 2017.

Acara dimulai tepat pukul 09.30 dengan presentasi dari Kelompok A. Lalu dilanjutkan dengan tanya jawab pada pukul 10.00 hingga 11.00. Kemudian pada pukul 11.00 presentasi dilanjutkan oleh Kelompok B yang berlangsung hingga 11.30. Setelah itu, tanya jawab kembali dilakukan hingga pukul 12.30.

Setelah Ishoma, rangkaian acara kembali dilanjutkan dengan prsentasi dari kelompok C pada pukul 13.30. Dan tanya jawab mengenai materi yang disampaikan oleh kelompok C berlangsung hingga pukul 15.00.

Acara ditutup oleh Erna Priliasari, S.H., M.H. (Kabag Humas, Kerjasama dan Tata Usaha). Dalam sambutan penutupannya, beliau menyampaikan bahwa  CBA ini pada dasarnya dapat dilakukan baik pada tahap penyusunan sebuah peraturan maupun pada tahap evaluasi sebuah peraturan. Pada tahap penyusunan peraturan metode CBA dapat digunakan untuk melihat apakah undang-undang yang akan dibentuk akan menambah beban keuangan negara dan apakah undang-undang yang dibentuk menimbulkan dampak baik dampak positif maupun negatif kepada kelompok-kelompok tertentu termasuk Pemerintah itu sendiri. Pada tahap ex ante, CBA dilakukan untuk mengetahui alasan utama mengapa intervensi regulasi diperlukan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi. Sedangkan pada tahap ex-post regulation, CBA dapat digunakan untuk mengukur implementasi dari sebuah peraturan. Selain itu beliau berharap dengan pelatihan CBA ini semoga para peserta mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan sehingga dapat meningkatkan keterampilan dalam menyusun kebijakan regulasi. Setelah peserta kembali ke satuan kerja masing-masing, semoga peserta dapat mengaplikasikan CBA pada penyusunan regulasi maupun kebijakan. Acara diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada para peserta pelatihan, dan ditutup dengan sesi foto bersama pada pukul 15.30. (CF)