Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia



Mail BPHN
Jumat, 24 Nov 2017
  • Selamat Datang Di Website Badan Pembinaan Hukum Nasional | Masyarakat Memperoleh Kepastian Hukum

BPHN menangkan Juara III Lomba Sepeda Hias

Sabtu , 19 Agust 2017

Jakarta-BPHN, Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun RI ke-72, Kementerian Hukum dan HAM RI menggelar lomba sepeda hias, Sabtu (19/8) bertempat di Lapangan upacara Kementerian Hukum dan HAM. Acara di awali dengan laporan Ketua Panitia oleh Bapak Audy Murfy, S.H., M.H,  Sekretaris BPHN. Dalam laporannya Bapak Audy menyampaikan bahwa kegiatan lomba sepeda hias ini diikuti oleh perwakilan dari semua Unit Eselon I dan juga perwakilan dari Kanwil DKI kurang lebih berjumlah 341 peserta dengan berbagai motif yang menunjukkan bentuk seni dan kreativitas. Peserta menggunakan pakaian adat sesuai dengan hiasan sepedanya. Tujuan diadakan lomba sepeda hias ini adalah untuk menumbuhkan kreatifitas bagi pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, papar Audy.

Acara dibuka oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H.Laoli. “ Tema hari merdeka pada tahun ini adalah Indonesia Kerja Bersama dengan sub tema Merdeka Jiwa Raga Berkarya untuk Indonesia. “Tujuan acara lomba sepeda hias kali ini untuk mengekspresikan seni menghias di dalam kemerdekaan berkreasi, disamping untuk kesehatan serta membangun jiwa dan raga yang sehat , kalau jiwa sakit maka negara akan rusak, ucap Yasona. Menkumham mengingatkan agar selalu menjaga persatuan dan bergotong-royong dengan semangat yang diwarisi oleh para pendahulu kita. Dengan berbagai kultur budaya, kita persatukan Indonesia dengan menunjukkan kepada dunia bagaimana kayanya ragam budaya Nusantara mulai dari Sabang sampai Marauke, mulai dari Miangas sampai pulau Rote. Begitu kaya, ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang tidak hanya kaya dalam budaya, tetapi juga kaya dalam sumber daya alam. “Mari kita tinggalkan sekat-sekat premordialistik, kita menuju satu cita-cita besar dari pada founding fathers, mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia serta mencapai cita-cita tujuan negara yang disebut dalam pembukaan UUD 45,” Ucap Kemenkumham.

Adapun rute yang akan dilintasi dalam lomba sepeda hias ini adalah Start dari Gerbang 2- menuju arah Hotel Four Season–kemudian belok kiri sebelum Sekolah Islam – kemudian lurus menuju gerbang pintu 6 Kantor Kemenkumham – FINISH

Hiasan sepeda terbaik diberikan juara 1-3 dan harapan 1-3. Adapun yang menjadi juara adalah sebagai berikut:

Juara I dimenangkan oleh perwakilan dari Ditjen Pas, Juara II di menangkan oleh Bapak Bambang Sariwanto, Sekjen Kemenkumham dan Juara III dimenangkan oleh Febri Sugiarto perwakilan dari BPHN. Pemenang 1-3 mendapatkan hadiah berupa sepeda dan tabungan dari Bank BNI sebesar Rp. 500 ribu. Sedangkan juara harapan 1-3 adalah sebagai berikut Harapan 1 Ardy, anak dari pegawai Setjen, harapan 2 Ibu Ika yusanti, Kalapas Perempuan Pondok Bambu dan juara harapan 3 adalah Bapak Haru Tamtomo, Staf Ahli Menteri bidang polhukam. Selain juara 1-3 dan harapan 1-3 juga ada juara favorit yang dimemenangkan oleh Bapak Bambang Rantam.

Dalam kesempatan terpisah, Prof Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum, Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional sekaligus sebagai penanggung jawab lomba sepeda hias,  menyampaikan rasa syukur dan gembira acara lomba sepeda hias berjalan dengan lancar. “Semoga semangat kebangsaan kita akan tetap terjaga dan tidak berhenti pada acara perlombaan ini saja, Ujar Kepala BPHN.  Prof Enny juga menyampaikan bahwa di BPHN juga akan diadakan lomba dan penilaian kebersihan, kerapian dan kreativitas menata ruangan. Sedangkan Erna Priliasari, S.H., M.H, Kepala Bagian Humas, Kerjasama dan TU, BPHN menyampaikan bahwa tema yang diusung oleh BPHN adalah Garuda Pancasila dan peserta mengenakan pakaian adat istiadat dari berbagai daerah, seperti pakaian adat jawa, papua, melayu dan lain-lain. Hal ini untuk menggambarkan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai suku dengan adat istiadat yang berbeda-beda, namun tetap satu, unity in diversity, ucap Erna.

Acara di tutup dengan pembagian door prize dan dimeriahkan dengan hiburan angklung, band dari lapas narkotika dan paduan suara dari BPHN. (Humas)