Badan Pembinaan Hukum Nasional

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia

Jumat, 28 Juli 2017
  • Selamat Datang Di Website Badan Pembinaan Hukum Nasional | Masyarakat Memperoleh Kepastian Hukum

Dirjen Peraturan Perundang-undangan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kamis , 01 Juni 2017

Jakarta – Humas.

Seluruh Pegawai Unit Eselon I dilingkungan Kementerian Hukum dan HAM mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Area Apel Kementerian Hukum dan HAM, Jl. HR Rasuna Said Kuningan Jakarta. Bertindak Inspektur Upacara Direktur Jenderal Peraturan Perundangan-undangan. Widodo Ekatjahjana, Kamis (1/6).

Teks Sambutan Menteri Hukum dan HAM yang dibacakannya, “Upacara  ini meneguhkan komitmen kita  untuk lebih  mendalami, menghayati  serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan  hasil dari  satu  kesatuan  proses yang  dimulai  dengan  rumusan  Pancasila tanggal 1Juni  1945 yang  dipidatokan  lr.  Sukarno,  Piagam  Jakarta tanggal  22  Juni 1945,  dan  rumusan  final  Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945. Adalah jiwa  besar para founding  fathers, para  ulama  dan pejuang  kemerdekaan  dari  seluruh  pelosok  Nusantara sehingga  kita  bisa  membangun kesepakatan  bangsa yang mempersatukan  kita”.

Selain itu, Menkumham berpesan agar bangsa Indonesia senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan dengan semangat ke-bhineka tunggal ika-an.

Upacara Hari Lahirnya Pancasila juga ditandaskan dengan dibacakan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan bahwa 1 juni 1945 sebagai hari lahir pancasila dan merupakan hari libur nasional, Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni. 

Di tahun ini dan seterusnya mulai tanggal 1 Juni seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah harus menyelenggarakan Upacara Peringatan hari Lahir Pancasila. Dan di akhir sambutannya Menkumham juga menyampaikan “Selamat  Hari Lahir  Pancasila,  Saya lndonesia,  Saya  Pancasila”, serta diperdengarkan lagu perjuangan.*tatungoneal